9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang Harus Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Jum'at, 12 Juli 2024 - 07:33 WIB
loading...
9 Ciri-ciri Gerd Kambuh...
Ada sembilan ciri-ciri gastroesophageal reflux disease (gerd) kambuh yang harus diwaspadai. Gejala ini terkadang tidak disadari para penderitanya. Foto/Star Medical Associates
A A A
JAKARTA - Ada sembilan ciri-ciri gastroesophageal reflux disease (gerd) kambuh yang harus diwaspadai. Gejala ini terkadang tidak disadari para penderitanya karena mirip seperti masalah kesehatan lainnya, seperti batuk kronis atau tak kunjung sembuh.

Gerd adalah kondisi kronis di mana asam lambung mengalir kembali ke esofagus, menyebabkan iritasi dan peradangan. Ketika kambuh, gejala-gejala yang tidak nyaman dan mengganggu bisa muncul kembali.

Memahami ciri-ciri kambuhnya gerd bisa membantu penderita mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah dan mengelola gejala. Jika gejala gerd sering kambuh atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berikut adalah ciri-ciri gerd kambuh dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (12/7/2024).

9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang Harus Diwaspadai dan Cara Mengatasinya





1. Heartburn (Rasa Terbakar di Dada)


Heartburn adalah gejala utama gerd dan terjadi ketika asam lambung mengiritasi lapisan esofagus. Sensasi terbakar ini biasanya terasa di dada bagian tengah atau atas dan bisa menyebar ke leher atau tenggorokan.

Gejala ini biasanya terasa setelah makan besar atau makanan berlemak. Kemudian memburuk ketika berbaring atau membungkuk serta bisa berlangsung dari beberapa menit hingga hitungan jam.

2. Regurgitasi


Regurgitasi adalah kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke mulut atau tenggorokan. Ini bisa menyebabkan rasa asam atau pahit di mulut.

Regurgitasi terjadi terutama setelah makan besar atau ketika berbaring. Kondisi ini dapat menyebabkan bau mulut dan rasa tidak nyaman serta mual.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)